Zuhud Menurut Ibnu Taimiyyah


suburApakah anda tahu apa itu zuhud?

Zuhud itu kekuatan yang selalu melemahkan hasrat terhadap setiap hal yang tidak bermanfaat diakhirat” (Ibnu Taimiyyah:)

Dalam perkataan yang lain, Ibnu Taimiyah mendefinisikan Zuhud ialah: Meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat di akhirat kelak. Definisi Zuhud ini sangat realistis, sebab untuk Zuhud, seseorang tidak harus meninggalkan aset niaganya yang berlimpah, atau harta-harta duniawi lainnya yang dia miliki.Selagi ia memilikinya karena “asas manfaat” baginya di akhirat kelak.

Tapi, bila semuanya tidak bermanfaat baginya (baca: menjerumuskan dirinya ke jurang neraka), maka ia harus bersikap zuhud. Yaitu meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat di akhirat kelak.

Contoh konkritnya: Apabila seteguk air yang kita minum itu akan mudharat bagi kita di akhirat kelak karena air tersebut didapatkan dari cara yang tidak halal, maka meninggalkannya adalah Zuhud.Walaupun nominal rupiahnya Rp. 500 misalnya.

Sebaliknya, apartemen dan aset bisnis yang kita miliki kita dapatkan dengan cara halal dan kita arahkan untuk sesuatu yang halal/ibadah, maka memilikinya merupakan sikap zuhud.Sebab zuhud adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat di akhirat kelak.

Jadi, seorang muslim tidak mengapa menjadi seorang milyarder asalkan itu bermanfaat baginya di akhirat.Tapi, merupakan kehinaan bagi seorang muslim bila ia memiliki sesuap nasi, penuh kepapan, bila semua itu dilakukan dan di dapat dengan cara-cara yang haram.

Sebab zuhud menurut Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, ialah Meninggalkan sesuatu yg tidak bermanfaat di akhirat….Wallahu a’lam..

Kajina WhatsApp : Ust. Abu Khilya Normal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s