Men-DP Ramadhan


ramdan-words

Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam, sudah hampir tiba di depan mata. Waktu bergulir begitu cepat tanpa terasa, hingga kita sudah bertemu lagi dengan bulan Sya’ban. Ada sebuah doa indah yang dianjurkan untuk kita lafalkan sejak datangnya bulan Rajab, Syaban, hingga sampai tibanya Ramadhan.

“Allahumma baariklanaa fii Rajaba wa Sya’baana wa ballighna Ramadhaana.” Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami untuk bertemu dengan bulan Ramadhan.”

Doa yang menyiratkan rasa rindu akan bulan suci. Hingga kita berharap Allah berkenan memberi kita umur panjang agar kita bisa meraih semua keutamaan bulan mulia tersebut. Rasulullah SAW selalu memberikan kabar gembira kepada para shahabat setiap kali datang bulan Ramadan. “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

Umumnya, masing-masing memiliki target tertentu di bulan Ramadhan, tentu saja saya sangat berharap bahwa anda juga salah satu yang memiliki target di bulan Ramadhan. Ada yang mau khatam AlQuran sekian kali, sholat tarawih tidak pernah bolong, sholat malam tidak pernah absen, menghafalkan surat tertentu, bahkan mungkin ada yang menghafalkan semua juz di warung jus deket rumahnya (beli buat berbuka) @_@ misalnya. Nah, semua-muanya ini tentunya akan terasa sangat berat jika anda tidak men-DP-nya terlebih dahulu. Istilahnya njeglek, ga pernah ngaji tiba-tiba di bulan Ramadhan targetnya khatam dua, tiga atau bahkan lebih.

Maka, jika anda kira-kira punya target seperti itu, mulailah men-DP dengan mengaji. Bisa mulai membaca satu, dua, empat halaman alquran sehabis sholat fardhu ataupun ikut program ODOJ yang sedang “onfire” saat ini. Pengen membuka puasakan orang setiap hari, tapi ga nabung dari sekarang, nah kalo ini gapapa, kalo anda punya banyak uang hehe…kalo ga punya ya mulailah men-DPnya dengan menabung dan bersedekah. Kalo kira-kira badan sulit untuk berpuasa dan beribadah di malamnya, mulailah berpuasa sunnah dan olahraga.

Ramadhan sesungguhnya sangat singkat. Karenanya manfaatkan setiap detiknya dengan amalan berharga. Usahakan merancang  agenda kegiatan Ramadhan untuk mendapatkan berkah dan manfaat dari bulan mulia yang sudah di depan mata. Bertekadlah dengan sungguh-sungguh dan penuh ketaatan untuk  menjadikan Ramadhan kali ini adalah Ramadhan yang jauh lebih baik dari Ramadhan kita sebelumnya.

sumber : kompasiana, maspraset

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s