Kebodohan Adalah Penyakit, dan Apa Penyembuhnya?


Penyakit tak hanya menjangkiti bagian raga saja, melainkan hati, akal dan jiwa pun bisa terkena. Bukankah mungkin ketika seseorang menikam Anda dengan sebilah cercaan di lisan, maka hati Anda akan merasa sakit? Bukanka mungkin jika kesulitan segunung hingga terasa berlangit menerpa manusia, maka jiwanya akan sakit dan hati dipenuhi gulana?

Begitu pula akal fikiran. Kebodohan bukanlah suatu kelaziman bagi manusia yang baik dan beriman. Layaknya kita melawan jua berantas kebodohan. Karena kebodohan sejatinya adalah penyakit. Penyakit yang bisa sebabkan manusia semakin sengsara. Penyakit yang bisa sebabkan manusia terjerumus ke neraka. Na’udzubillah min dzaalik.

Abu Daud meriwayatkan di dalam Sunan-nya dari hadits Jabir bin Abdullah, dia berkata, “Kami pernah keluar dalam suatu perjalanan jauh. Ada seseorang di antara kami yang terkena batu sehingga membuat kepalanya terluka. Kemudian dia mimpi keluar mani pada malam harinya. Dia bertanya kepada beberapa sahabat, “Apakah menurut kalian aku mendapatkan keringanan untuk ber-tayammum?”

Mereka menjawab, “Menurut pendapat kami engkau tidak mendapatkan keringanan, karena engkau masih mampu bersentuhan dengan air.”

Maka orang itu pun mandi yang mengakibatkan kematiannya. Saat kami [para sahabat] tiba dan menghadap kepada Nabi -Shallallahu alaihi wa Sallam-, maka kami menceritakan kejadian ini. Beliau bersabda, “Mereka telah membunuhnya. Dan Allah akan membunuh mereka. Mengapa mereka tidak bertanya kalau memang tidak tahu? Sesungguhnya kesembuhan dari kebodohan ialah bertanya. Sesungguhnya cukup baginya ber-tayammum dan mengusap pada lukanya, dan dia dapat membasuh seluruh badannya.” Begitulah. Beliau mengabarkan kepada kita bahwa kebodohan itu merupakan penyakit dan obat penyembuhnya ialah bertanya pada orang yang tahu atau berilmu.

Maka, mari bina diri kita semua agar tidak berpenyakit.

 

sumber : http://muda.kompasiana.com/2012/10/01/kebodohan-adalah-penyakit-dan-apa-penyembuhnya-491858.html

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s