Liputan Kegiatan “Berbagi Cinta di Rumah Senja”


Di hari Minggu yang cerah (9 Desember 2012), Keputrian DKM An Nahl melakukan kunjungan sosial ke Panti Tresna Werdha. Dengan hati yang penuh suka cita, sesekali bercanda ria di dalam bis yang sedang melaju ke rumah senja para oma dan opa. Beberapa teman yang pertama kali ikut dalam kegiatan sosial Keputrian tahun ini merasa antusias menikmati setiap waktu yang berjalan.

Perjalanan berangkat ke Panti Tresna Werdha

Perjalanan berangkat ke Panti Tresna Werdha

Perjalanan berangkat ke Panti Tresna Werdha

Perjalanan berangkat ke Panti Tresna Werdha (2)

Perjalanan berangkat ke Panti Tresna Werdha

Perjalanan berangkat ke Panti Tresna Werdha (3)

Sesampainya di Tresna Werdha, Alhamdulillah kami disambut oleh oma dan opa di sana. Dengan hati senang kami menyambut tangan mereka bergantian.

Sungkem ke oma dan opa

Sungkem ke oma dan opa

Sungkem ke oma dan opa (2)

Sungkem ke oma dan opa (2)

Sungkem ke oma dan opa (3)

Sungkem ke oma dan opa (3)

Kunjungan ke panti jompo adalah pengalaman pertama saya, tidak pernah terbayang di benak saya bahwa para orang tua yang seharusnya berkumpul besama anak cucu mereka menikmati hari tua yang membahagiakan, justru berada di panti sosial ini. Mata hati saya terbuka melihat kenyataan bahwa masih banyak para orang tua yang sengaja diungsikan di rumah senja ini. Muncul pertanyaan di benak saya dan teman-teman.

Kenapa?

Apakah sudah tidak ada kenangan yang tersimpan sedikit pun terhadap orang tuanya??

Tak terasa air matapun jatuh menetes di pipi saya dan teman-teman. Terasa ada rasa sakit yang menyesakkan dada tetapi kami sadar bahwa inilah kenyataan yang ada di depan mata kami. Walapun air mata menetes dan menahan rasa sesak di dada, Alhamdulillah para oma dan opa terlihat sangat bahagia dengan kehadiran kami dengan senyuman manis dan mata yang berbinar memancarkan wajah cerah.

Keceriaan opa dengan teman-teman Keputrian

Keceriaan opa dengan teman-teman Keputrian

Keceriaan oma

Keceriaan oma

Tidak banyak hal yang bisa kami lakukan di sana, walau hanya beberapa jam saja kami tidak mau menyia-nyiakan waktu. Kami pun membuat suasana di rumah oma-opa menjadi semeriah mungkin, seperti acara ulang tahun dan bernyanyi bersama. Bukan hanya itu, kami juga berjoged bersama oma-opa. Asiiiikkk dan seru bangeet alias kereeen abis deh pokoknya.

berjoged bersama

berjoged bersama

tiup lilin

tiup lilin

Setelah itu acara kami lanjutkan dengan menyalurkan amanah dari jamaah untuk para oma dan opa  secara simbolis diwakili oleh  Ibu Diyanti, Ibu Jeminah dan Ibu Dwi N.

Penyaluran Bantuan dari Jama'ah

Penyaluran Bantuan Sembako dari Jama’ah

Penyaluran Bantuan dari Jama'ah

Penyaluran Bantuan dari Jama’ah (2)

Penyaluran Bantuan dari Jama'ah (3)

Penyaluran Bantuan Dana dari Jama’ah (3)

Di saat kami sedang larut dalam suasana suka cita dan bercucuran air mata, ketua DKM kita tercinta, Pak Andri Dedi H.  baru tiba di sana, beliau pun ikut larut dalam acara. Setelah Pak Andri  menyerahkan amanah dari DKM, beliau memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau berpesan untuk memuliakan kedua orang tua kita. Walaupun singkat  tapi tepat sasaran. (jadi nangis lagi deh T_T)

Kata Sambutan dari Ketua DKM

Pemberian Bantuan oleh Ketua DKM

Setelah acara sambutan, kami berkunjung ke kamar oma-opa untuk membagikan bingkisan amanah dari teman-teman dan berbincang-bincang secara intim dengan mereka. Kami merasa bahagia bisa membuat mereka tertawa  walau hanya sebentar dan  mereka pun  berpesan agar  sering-sering  datang berkunjung ke Tresna Werdha  lagi di lain waktu.

Berkunjung ke kamar oma dan opa

Berkunjung ke kamar oma dan opa

Berkunjung ke kamar oma dan opa

Tibalah saatnya kami pulang kerumah masing-masing. Sebelum pulang  kami mejeng dulu di depan panti Tresna Werdha dengan rasa syukur karena acara berjalan dengan lancar. Dengan wajah yang bersinar dan bahagia kami berfoto bersama.

Berfoto sebelum pulang

Berfoto sebelum pulang

Di perjalanan pulang kami mencari hikmah yang terjadi hari ini, hikmah yang mengantarkan kami ingin menjadi anak yang benar-benar berbakti kepada kedua orang tua selagi orang tua masih hidup dan tidak akan menyia-nyiakan mereka sedikit pun.

Semoga kita tetap istiqomah dalam beribadah ke pada Sang Pencipta, dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat berlimpah yang kita dapatkan. Ukuran berlimpah bukan berarti banyak mewah dan wah, tetapi betapa besar rasa syukur yang kita miliki atas nikmat sekecil apapun yang kita terima.

Semoga tahun depan kita bisa berjumpa dalam acara social yang lebih dahsyat lagi.

Ditulis oleh : Nani Norni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s