Mubarak Akhirnya Tumbang


Presiden Mesir Husni Mubarak, mengundurkan diri dari jabatannya dan menyerahkan kekuasaan kepada Militer. Wakil Presiden Omar Suleiman mengumumkan pengunduran diri Mubarak dalam sebuah pidato di televisi.

Pernyataan singkat Suleiman diterima dengan suka cita oleh para demonstran yang dalam beberapa hari terakhir memadati Tahrir Square, Kairo. Mereka bernyanyi dan mengibarkan bendera, serta meneriakkan kata-kata, “Kami telah menumbangkan rezim (Mubarak).” Sementara sebagian lagi terlihat menangis, bersorak dan memeluk satu sama lain.

Sang pemimpin oposisi, Mohamed el-Baradei, menyebut pengunduran diri Mubarak sebagai hari terbesar dalam hidupnya. “Negara ini telah dibebaskan setelah puluhan tahun dalam penindasan,” ujarnya. ”

Salah seorang aktivis pro-demokrasi Dina Magdi mengaku sangat bahagia dan tak mampu berkata-kata. “Saya telah menunggu, saya telah bekerja sepanjang hidup hingga dewasa untuk melihat kekuatan rakyat maju ke depan dan menunjukkan diri,” katanya kepada Aljazeera di Tahrir Square.

Di Alexandria, kota terbesar kedua di Mesir, terjadi “ledakan emosi” warga. Ratusan ribu orang merayakan pengunduran diri sang presiden di jalanan.

Namun sebagian pihak menyebut pengalihan kekuasaan kepada militer ini melanggar konstitusi. Dan masih belum jelas apakah pengunduran diri Mubarak akan membuat demonstran puas karena mereka menginginkan pemerintahan sipil baru. Secara resmi, ketua parlemen Mesir yang seharusnya mengambil alih kekuasaan. Sebelumnya, diumumkan bahwa Presiden Mubarak telah meninggalkan Kairo bersama keluarga ke sebuah kawasan wisata Mesir, Sharm el-Sheikh. (Aljazeera/BBC)

link : sabili.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s