Reportase : Gema Syawal 1431H


pak rudi & ust Subki

pak rudi & ust Subki

Gema Syawal merupakan agenda tahunan DKM ANNAHL dalam rangka menyegarkan kembali semangat ibadah di bulan Ramadhan sekaligus sebagai ajang silaturahim dan menimba ilmu.

Kegiatan tahun ini bertepatan pada hari Rabu; 29-September-2010, acara di selenggarakan di Gedung HQ lantai 3 seperti biasanya.

Jarum jam baru menunjuk angka 17.00wib, namun jama’ah  ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan) sudah terlihat berdatangan dan menepati tempat duduknya masing-masing.

Proses absensi otomatis (scan ID card)  mengakibatkan tidak ada penumpukan  jama’ah  saat mengisi absesi kehadiran.Sehingga acara relatif lebih lancar , sesuai plan dan terkendali dengan baik.

Dipandu oleh duet MC handal (Akh  Yulfi & Ukh Titi) rangkaian acara pembuka mengalir dengan tanpa hambatan, dari mulai tilawah yang dilantunkan Akh Asep Dani Kurnia, hingga pemberian Juz-30 award untuk jama’ah bagi peserta dan pemenang  hafalan Juz ke -30 yang di pandu oleh ketua Syiar Ramadhan 1431H Akh Barry Pelawi.

Titi & Yulfiawan

Titi & Yulfiawan

Pukul  17.30wib acara inti ceramah oleh Ust.Subki Al-Bughury dimulai, dibuka dengan sambutan dari perwakilan Manajemen SEIN Bp.Rudi.Beliau mewakili manajemen sangat bangga dan mendukung kegiatan Gema Syawal  ini sebagai salah satu kegiatan yang sangat positif bagi karyawan.

Jika dirangkum, penyampaian pesa Ust.Subki yang cukup panjang (kurang lebih 45 menit) maka kita dapati beberapa hal penting yang bisa sama-sama dijadikan sebagai renungan.

Yang pertama :

Qs 16: 92 “Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali … “(dan seterusnya).

Beliau membuka kembali memory  kita akan kehadiran bulan Ramadhan yang baru saja kita lalui.Intensitas dan quantitas serta qualitas (semoga) amal-amal soleh  kita ketika itu seperti : kajian-kajian Islam, tilawah, shalat sunah (rawatib, duha, tarawih, tahajud, witir dan sebagainya) begitu indahnya.

Namun tak jarang dari kita, ketika Ramadhan berakhir maka berakhir pula kegiatan-kegiatan positif tersebut, sehingga aroma Ramadhan samasekali tidak berbekas dalam kehidupan kita setelahnya.

Hal tersebut sejalan dengan ilustrasi Al-Qur’an 16:92, bagaikan mengurai kembali benang yang telah dipintal dengan kuat.

Pesan beliau yang kedua :

Ust.Subki Al-Bughury

Ust.Subki Al-Bughury

Sebagaimana yang terkandung dalam QS 5:54 ( al ma’idah ayat 54) bahwa Allah SWT kelak akan mendatangkan suatu kaum, yang Allah cinta kepada mereka karena :
  o> mereka cinta kepada Allah
  o> berkasih sayang kepada sesama mukmin
  o> keras terhadap kaum kafir dan kekafiran (yang memusuhi Islam)
  o> berjuang dan bersungguh-sungguh di jalan Allah
  o> tidak takut terhadap celaan karena kesholehannya

Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang beriman, yang senantiasa mengerjakan amal soleh dan sesuai dengan apa yang dipesankan Allah dalam kedua ayat Al-Qur’an surat Annahl ayat 92 dan Al-Ma’idah ayat 54.

Semoga kita bisa tetap istiqomah dalam amalan-amalan soleh sebagaimana yang biasa kita lakukan di bulan Ramadhan secara konsisten dan kontinyu.

Amin yaa Robbal ‘alamiin..(Nik-infokom)

3 thoughts on “Reportase : Gema Syawal 1431H

  1. Asslmu’alaikum Wr Wb

    Melihat agenda kegiatan DKM AN NAHL saya tertarik sekali untuk menyelenggarakan kegiatan , mohon di searingkan proposal kegiatan gema syawal ini, rencana saya ingin mengadakan acara sepertu tersebut di tahun ini

    Terima kasih

    Wasslmu’alaikum Wr Wb

    Salam

    Safrudin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s