Apa yang membuatmu tersenyum hari ini ??


Apa yang membuatmu tersenyum hari ini… ??

Banyak hal yang membuat saya tersenyum… … Lets we take a look the reasons .. hehe..

Bisa senyum mentertawakan , senyum karena malu , senyum karena malu-maluin , senyum mendapat kabar bahagia, senyum karena diberi cobaan , senyum karena mengingat kenangan masa lalu, senyum karena siap-siap mau di foto , senyum karena tingkah laku anak kecil yang lucu , senyum kepada seseorang karena dapat pelajaran berharga dari nya , baik itu nasehat atau perbuatannya yang luar biasa . senyum karena seseorang menyapa dengan senyuman.Banyak rahasia ternyata dibalik senyuman .

Sebulan yang lalu , saya tersenyum karena melihat seseorang yang sudah tua namun dia betul-betul berjuang dengan ikhlas untuk mendapatkan sesuap nasi. Dia ada ciri khas yang berkesan bagi saya , dia selalu berjualan dekat masjid. Ia berjualan dari setelah ashar sampai magrib tiba. Sehingga tepat kumandang adzan dia sudah siap-siap mengistirahatkan waktunya dengan shalat berjama’ah dimasjid. Sudah 3 minggu ini saya berfikir ketika saya melewatinya. Dan anak-anak kecil banyak senang padanya. Karena wajahnya yang selalu senyum dan tidak menakutkan bagi mereka. Ia memiliki harga diri, tak mau meminta-meminta sedikit pun. Biarpun es yang dijualnya hanya untuk biaya untuk hari ini. Kadang saya melihat ada tetangga ingin memberi lebih, namun dengan rendah hati ia menolaknya.Sehingga caranya tepat tetangga saya lakukan dengan membeli es yang ia jual supaya habis.

‘Abasa watawalla.. ‘ ( Janganlah bermuka masam )

Sebuah ayat yang diturunkan Allah swt dalam surat ‘Abasa ayat 1 .Demikianlah Allah swt mengajarkan agar kita tidak berwajah masam atau cemberut kepada orang mungkin kita anggap orang lain itu levelnya rendah, tak bermartabat , bawahan dan tak berdaya guna. Namun boleh jadi, orang itu lebih mulia daripada dunia dan seisinya.

Mengukir senyuman teramat sangat dibutuhkan kemauan yang tulus dari hati. Senyuman yang tulus akan menghampiri dan menghidupkan hati yang redup. Senyuman yang berasal dari hati akan sampai ke hati pemiliknya. Dia tak keruh karena cemoohan , tak kering karena cacian , tak layu karena sindiran , tak berlebihan karena pujian.

Dari senyumanpun , tak banyak bicara akan tergambar pula kejernihan hatinya. Senyuman mampu menyihir seseorang loh.. Bukan karena kecantikan , tampan dan kepiawaiannya dalam berakting , tapi benar-benar dari lubuk hati yang palingggg dalam , akan terpancar dari wajahnya.

Senyum akan bertahan lama, jika ia berasal dari hati. Namun dia tak bertahan karena melihat kezaliman dimuka bumi ini. Tentu dia akan berbuat sesuatu, agar yang lain dapat tersenyum.

Senyumlah karena senyum menjadikan kita golongan orang-orang yang bersyukur karena sampai detik ini nikmat dari Rabbul Izzati tak pernah berkurang sedikitpun.

Senyumpun perlu dilatih , dari hal-hal kecil yang patut kita syukuri. Sebenarnya tak ada yang tidak dapat membuat kita tersenyum, sekarang bagaimana diri kita menjadikan itu sebuah anugerah terindah dari Allah swt.

Dunia akan seperti neraka rasanya jika semua orang tak ada yang mau senyum.hehe…

Harapan saya, anda, dan kita semua … Senyumlah karena keimanan Allah Subhanahu wata’ala , karenaNya kita telah terlahir dalam keadaaan muslim , mempunyai qudwah (teladan ) Nabi Muhammad SAW yang masih harum budi pekertinya walau tak dapat melihat wajahnya, namun bisa dibayangkan banyak umat yang mendambakan senyuman seperti beliau .. Sejak ruh ditiupkan dalam kandungan sampai dengan kondisi seperti ini , nikmat Sehat , nikmat bersaudara , nikmat islam dan nikmat iman insyaAllah masih ada melekat pada tubuh ini.

Semoga apa yang membuat saya dan anda tersenyum dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Amiin

“ Don’t go a day without pray dan smile … “

sumber : brother5.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s