Syaikh Shiyam : “Penyelamatan Al-Aqsa Tanggung Jawab Umat”


Selasa, 01/06/2010 21:22 WIB

Republika – Masa depan Al-Aqsa dan Palestina merupakan tanggung jawab masyarakat internasional, terutama umat Islam. Imam Masjid Al-Aqsa, Syekh Muhammad Mahmud Seyam, mengatakan, apa yang menimpa bangsa Palestina telah menjadi problem kemanusiaan yang membutuhkan pemecahan dari umat Islam.
Syekh Seyam mengungkapkan, selama ini bangsa Palestina harus menanggung kezaliman yang dilakukan Israel. ”Tak terhitung kezaliman yang mereka lakukan,” katanya dalam seminar internasional ”Al-Aqsa dan Palestina, Problematika dan Perspektif Masa Depan”, di Jakarta, Senin (31/5).
Salah satu contohnya, ungkap Syekh Seyam, Israel melakukan pembersihan kawasan Masjid Al-Aqsa dari komunitas Muslim. Mereka sebelumnya melakukan hal yang sama di kawasan Magharibah. Komunitas Muslim, jelas dia, didesak untuk tak meninggalkan kawasan itu dan tak bisa mengakses Al-Aqsa.
Selain itu, Israel masih terus berusaha menghancurkan Al-Aqsa dengan menggali terowongan-terowongan di bawah bangunan Al-Quds. Tujuan mereka, jelas Syekh Seyam, Al-Aqsa akan runtuh dengan sendirinya. ”Skenario ini memang sengaja mereka pilih agar tak dikecam oleh dunia,” ungkapnya.
Syekh Seyam mengatakan, langkah Israel melakukan penggalian selama ini tak pernah mendapatkan kecaman. Bahkan, mereka mendapatkan dukungan dari negara adidaya, Inggris dan Amerika. Dan, hal yang patut disayangkan, kondisi itu diperburuk dengan sikap acuh tak acuh sebagian besar pemimpin dunia termasuk negara Arab.
Pemimpin-pemimpin negara Arab yang bergabung dalam Liga Arab, kata dia, tunduk di bawah kuasa Amerika yang mendukung Israel. Mereka juga hanya disibukkan oleh persoalan-persoalan sepele. ”Pertandingan sepak bola lebih dipentingkan dibandingkan isu Palestina dan Al-Aqsa.”
Menurut Syekh Seyam, ia juga prihatin dengan sikap Pemerintah Palestina di bawah kepemimpinan Presiden Mahmud Abbas. Ia menilai, Abbas tak konsisten dalam memperjuangkan Al-Aqsa bahkan tunduk pada keinginan Israel dan Amerika. Perlu perhatian banyak pihak untuk mempertahankan Al-Aqsa dan Palestina.
Syekh Seyam berharap, organisasi-organisasi Islam bisa lebih berperan membantu perjuangan rakyat Palestina mempertahankan Al-Aqsa dan kemerdekaan. ”Ulama juga berperan penting dalam memberikan pemahaman utuh soal Al-Aqsa dan perjuangan rakyat Palestina. Mereka mesti berperan menyelematkan Al-Aqsa,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Fathi Abd Al Kadir dari Al Quds Institution for Palestine, mengemukakan, proyek yang dilancarkan Israel tidak hanya membahayakan Palestina, tetapi juga mengancam negara-negara Islam seluruhnya. Menurut dia, ancaman tersebut sangatlah nyata.
Menurut Al-Kadir, dengan melihat letak geografis Palestina, sangat strategis bagi Zionis untuk mewujudkan mimpi Israel Raya. Sebab, Palestina merupakan penghubung penting antara Benua Asia, Afrika, dan Eropa. ”Palestina merupakan jantungnya dunia,” katanya menegaskan.
Langkah-langkah Israel yang berupaya menghilangkan Al-Aqsa dan Palestina, ujar dia, didasarkan pada klaim bangsa Yahudi bahwa mereka adalah paling berhak atas tanah Palestina berdasarkan teks-teks yang terdapat dalam Taurat. Padahal, jelas dia, klaim yang mereka lakukan tersebut sama sekali tidak benar.
Al-Kadir menyatakan, bangsa Kan’an sudah berdomisili 1900 sebelum masehi di kawasan Palestina. Bahkan, mereka sudah mendirikan kota dan desa di sekitar Palestina dengan jumlah yang mencapai dua ratusan lebih, seperti Kota Baisan, Askalan, dan Aka.”Bangsa Yahudi tak berhak atas Palestina,” katanya.
Namun, Al-Kadir mengungkapkan, Israel akan tetap berusaha menjajah Palestina dan menggusur Al-Aqsa. Tampaknya, ujar dia, mereka akan tetap berkonsentrasi di Jalur Gaza yang dianggap sebagai jantung perlawanan rakyat Palestina. Mereka menilai Hamas merupakan sumber utama perjuangan rakyat Palestina. cr1, ed: ferry

sumber : knrp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s