Indonesia Tuan Rumah Konferensi Qur’an


Indonesia menjadi tuan rumah konferensi penghafal Al-Qur’an se-Asia Pasifik. Konferensi yang akan digelar di Masjid Istiqlal dan Hotel Cemara, jakarta itu akan berlangsung dari tanggal 7-10 Mei mendatang.

“Pembukaan konferensi ini akan dilaksanakan di Masjid Istiqlal tanggal 7 Mei setelah Sholat Jumat,” kata Ketua Panitia Konferensi, Junaedi Rahman dalam jumpa pers di jakarta, Rabu 5 Mei 2010 malam.

Rencananya dalam pembukaan acara ini akan dihadiri oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Konferensi ini setidaknya akan diikuti oleh sembilan negara. Negara-negara yang akan mengikuti konferensi itu adalah Indonesia, Brunai Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, Australia, dan Cina.

Menurut Junaedi Rahman, digelarnya konferensi ini merupakan kepercayaan kepada Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. “Kepercayaan dunia internasional itu diberikan kepada Rabithah Ma’ahid Al-Qur’an Indonesia yang memfokuskan pada tahfizhul qur’an (menghafal Al-Qur’an).”

Junaidi Rahman mengatakan tema besar yang diangkat dalam konferensi ini adalah ‘Peran Para Huffazh di Masyarakat’. Menurut dia, tema ini sengaja diangkat untuk mempertegas posisi para penghafal Qur’an di tengah-tengah masyarakat. “Tema ini dapat memetakan sejauh mana peran para huffazh dalam berkontribusi di tengah-tengah masyarakat khususnya dalam membangun masyarakat,” kata dia.

Konferensi yang berlangsung selama empat hari ini akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti seminar, lokakarya, workshop, focus group discussion, hingga kunjungan ke sejumlah lembaga tahfizhul Qur’an di Indonesia. “Dengan berbagai kegiatan tersebut diharapkan konferensi ini menghasilkan gagasan yang konstruktif bagi pembangunan masyarakat dunia dan rekomendasi penting bagi negara-negara peserta,” kata dia.

sumber : vivanews

One thought on “Indonesia Tuan Rumah Konferensi Qur’an

  1. al- qur’an adalah kalam Allah yg diturunkan kpd rasulNya untuk memberi peringatan, kabara gembira dan larangan….. kpd semua manusia.dan memberi kabar tentang hari kiamat, hari pembalasan dgn adil dihadapan Rabb…semua manusia akan menerima buku catatan perbuatan/amal, dan bedanya adalah apakah akan diberikan ditangan kanan, atau tangan kiti…tangan kiri berarti bencana/adzab/neraka….sebaliknya menarima dgn tangan kanan adalah nikmat/jannah….nah siapa dan bagaimana, mengapa nya semua termuat didlmnya….wallahu a’lam bish showwab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s