Dilarang Berjilbab Saat Kerja, Mengadu ke Dewan


Merasa diperlakukan diskriminatif, Fitri Cahyaningsih (33) karyawati bagian gizi di RS Telogorejo mengadukan nasibnya sejumlah fraksi di DPRD Jateng Senin (15/2). Kepada anggota dewan, Fitri “curhat” terkait larangan pihak RS mengenakan jilbab sewaktu bekerja. Sembari menitikkan air mata, Fitri menceritakan perihal yang dia alami kepada anggota dewan.

Saat diterima Fraksi PKS, karyawati yang telah bekerja 13 tahun itu mengaku tak hanya diperlakukan diskriminatif, tapi juga diintimidasi setelah mengenakan jilbab sejak 12 Januari lalu. Setelah mengenakan jilbab, dia lalu dipindah ke dapur belakang. Bahkan sejak 25 Januari lalu, dirinya tidak mendapat pekerjaan apapun alias non job.

Oleh atasannya, dia hanya disuruh duduk-duduk di teras dari saat masuk kerja hingga jam kerja usai. Pihak manajemen bahkan secara tegas meminta dia melepas jilbab jika masih ingin bekerja di RS Telogorejo. “Saya sudah mengajukan surat permohonan resmi ke manajemen guna mengenakan jilbab, namun tidak disetujui. Padahal dengan mengenakan jilbab pun tidak mengganggu kinerja saya,” paparnya.

Ibu dua anak tersebut juga mencari dukungan moral dari Fraksi Demokrat, Fraksi PPP, dan Fraksi PAN. Menurutnya, tak sedikit karyawati RS Telogorejo yang berjilbab. Namun karena takut, mereka memilih sistem bongkar pasang, artinya datang ke kantor jilbab dilepas, namun setelah pulang dikenakan lagi.

Ketua FPKS Jateng Arif Awaludin menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti permasalahan ini tersebut. Kepada Fitri, dia berjanji akan meneruskan persoalan itu ke Komisi E yang membidangi masalah itu. “Saya prihatin dengan persoalan ini, negara kita sudah merdeka tapi masih saja ada yang melarang muslimah mengenakan jilbab,” katanya.

sumber : suaramerdeka.com

5 thoughts on “Dilarang Berjilbab Saat Kerja, Mengadu ke Dewan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s