Khasiat mengkonsumsi teh


Di setiap pagi, selain sarapan pastilah kita ditemani secangkir teh atau kopi. Antara teh dan kopi, yang paling dipercaya mempunyai banyak khasiat adalah teh. Ada beberapa macam jenis teh di dunia. Yaitu teh hijau, teh peppermint, teh hitam, teh camomile dan teh jahe. Dari berbagai jenis teh itu yang paling banyak dikonsumsi adalah jenis teh hijau dan teh hitam.
Dalam sebuah diskusi di Bogor baru-baru ini, guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ali Khomsan mengatakan manfaat teh hitam adalah mencegah kanker. Disebut demikian, dikarenakan di dalam teh hitam terkandung senyawa antioksidan Theaflavin yang cukup tinggi. Tidak hanya kanker, penyakit jantung koroner konon juga dipercaya bisa disembuhkan dengan teh hitam ini. “Teh hitam atau black tea itu dibuat dari pucuk daun teh segar yang dibiarkan menjadi layu sebelum digulung, kemudian dipanaskan dan dikeringkan. Teh hitam disebut juga teh fermentasi” tutur Ali Khomsan.
Untuk mengenali kandungan theaflavin, sebenarnya cukup mudah. Ketika diseduh, theaflavin memberikan warna merah kekuningan. Cara kerjanya, Theaflavin menghambat oksidasi LDL (Low Density Lippoprotein) di dalam tubuh. Selain theaflavin, kandungan lain seperti thearubigin dan theanapthoquinone juga memberikan manfaat yang sama bagi kesehatan. Kedua jenis zat itu bisa dikenali karena masing-masing memberi warna merah kecoklatan dan kuning pekat. Untuk hal rasa, bersama-sama kafein, theaflavin yang ada dalam teh hitam memberikan rasa segar.
Di dalam berbagai penelitian baik di Eropa dan Amerika, menyimpulkan khasiat akan teh hitam tidak diragukan lagi. Misalnya penelitian yang dilakukan di Belanda, dalam temuannya, seseorang yang meminum teh hitam sebanyak satu hingga dua cangkir dapat menekan penimbunan kolesterol sampai 46 persen. Pada wanita, jika melakukan hal yang sama, maka akan mencegah penimbunan kolesterol pada pembuluh darah arteri. Penduduk yang berada di Amerika juga setidaknya merasakan hal yang sama, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika (dikutip dalam situs kaskus.us) menunjukkan orang Amerika yang mengkonsumsi teh hitam akan menurunkan serangan jantung sampai 40 persen.

Teh Hijau
Selain teh hitam yang sudah kita kupas manfaatnya, sebenarnya juga masih ada satu lagi jenis teh yang sering kita konsumsi dan kita masih awam akan manfaatnya. Yaitu teh hijau. Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang disukai selain teh hitam. Selain karena rasanya yang memberikan kesegaran, teh hijau juga dipercaya mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Yakni catechins dan kuta, pada catechins dipercaya dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat akumulasi protein yang berlangsung selama bertahun-tahun. Kedua zat tersebut juga dikenal sebagai pembunuh virus dan memacu daya tahan tubuh kita.
Penuaan dini, yang sering ditakutkan oleh kaum hawa juga bisa diperlambat jika anda sering mengkonsumsi teh hjau ini. Banyaknya manfaat yang terkandung di dalam teh hijau ini, mengundang beberapa produsen teh untuk membuat tehhijau dalam kemasan. Mereka percaya, selain bisa memperlambat penuaan dini, teh hijau juga dipercaya untuk mengurangi stroke, diabetes, darah tinggi dan kanker hati.

Kebiasaan minum teh
Bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi teh merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan hampir setiap hari. Meski demikian, bagi masyarakat Indonesia, pengetahuan akan manfaat teh termasuk zat-zat yang yang terkandung didalamnya hampir tidak diketahui. Mereka hanya mengkonsumsi teh sebagai penawar dahaga di tengah-tengah siang hari.
Sudah saatnya masyarakat Indonesia tahu akan beberapa manfaat yang terkandung di dalam minuman yang terbuat dari pucuk daun alami itu. Orang-orang yang terbiasa mengkonsumsi teh, membantu memperlambat proses degenerasi sel-sel serta menjaga pikiran anda tetap tajam di usia senja. Inipun diperkuat dengan riset yang dilakukan oleh Prof Ng Tza Pin dari Departemen Kedokteran Psikologi Universitas Nasional Singapura, riset yang dimuat di dalam Sunday Timer, menyatakan, teh sangat baik bagi otak. Mengingat akan kebaikan teh untuk kesehatan tubuh dan harganya yang terjangkau, beliau menghimbau kepada setiap orang untuk mengkonsumsi teh setiap hari.

Sumber : rsisultanagung.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s